fbpx

Apakah Meta Deskripsi Masih Penting Untuk SEO ???

Hampir semua webmaster ataupun bloger sudah pasti mengenal “Meta Description“, tag ini hampir selalu ada didalam sebuah halaman khususnya para pengguna CMS WordPress yang menggunakan plugin SEO seperti Yoast, AIO, Platinum SEO yang mana plugin tersebut selalu memberikan ruang kosong untuk di isi sebagai meta deskripsi konten tersebut atau bahkan membuatnya secara otomatis jika kita tidak mengisinya.

Sepenting itukah Meta Description hingga tidak boleh kosong ???

Sebelum bicara lebih lanjut masalah meta deskripsi, Anda sudah tau apa itu meta deskripsi dan fungsinya ?

 

Apa itu Meta Description ?

Meta description adalah salah satu Meta Tag yang mendeskripsikan isi dari sebuah halaman dan bisa di baca  oleh mesin pencari. Meta Tag Sendiri adalah kode HTML yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada mesin pencari. Ada banyak meta tag yang bisa dibaca oleh mesin pencari bukan hanya meta deskripsi saja, namun untuk meta tag yang bisa dibaca dan di pahami oleh Google hanya ada beberapa saja.

Banyak perdebatan apakah kita wajib mengisi meta deskripsi ini atau membiarkan google secara otomatis memberikan kita deskripsi sebagai snippet di hasil pencarian.

BACA JUGA :  Cara Penerapan SILO & Struktur Themes Yang Baik

Secara default Google tidak mengambil meta deskripsi sebagai snippet yang di tampilkan di hasil pencarian.

Meta deskripsi digunakan Google sebagai alternatif jika Google tidak dapat menemukan informasi yang tepat sebagai snippet dan meta deskripsi yang Anda buat mengandung keyword yang diketikan user, maka Google akan menggunakan meta deskripsi Anda sebagai snippet Hasil Pencarian.

Contohnya seperti kasus berikut (Anda juga bisa mencobanya) :

Saya mengetikan keyword “Akibat Kekurangan Air Putih” kemudian cek website hellosehat. Snippet yang ditampilkan oleh Google adalah :

“Fungsi organ tubuh anda akan berkurang jika anda kekurangan konsumsi air putih. Akibatnya, organ tubuh tidak dapat bekerja optimal dalam …”

sedangkan jika saya cek langsung kehalaman web tersebut meta deskripsi yang dibuat berbeda dari yang ditampilkan oleh google.

“Terkadang meski Anda tidak terlalu haus tubuh Anda memberikan sinyal untuk memberitahu bahwa Anda kekurangan minum air putih”

hasil meta deskripsi google

Karena alasan ini lah banyak yang menganggap tidak perlu mengisikan meta deskripsi halaman konten. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena tidak bisa di terapkan kesemua halaman.

Misalnya : Homepage yang menggunakan sistem dynamic post, dimana setiap ada postingan terbaru maka halaman homepage akan berubah, google akan kesulitan dalam menentukan snippet untuk halaman website (homepage) Anda, kalau Anda tidak membuat meta deskripsi, biasanya snippet untuk halaman homepage juga akan berubah-ubah setiap homepage ada perubahan.

BACA JUGA :  Posisi #9 Naik ke Posisi #3 Dengan Cara Ini - The Hidden Relevance

Oleh karena itu, meta deskripsi sebaiknya Anda gunakan pada semua halaman website Anda, walaupun nantinya google men-generate sendiri snippet untuk halaman website Anda.

Meta Deskripsi adalah alternatif ke 2 dari google untuk menentukan snippet di hasil pencarian, jadi tidak ada salahnya jika meta deskripsi selalu Anda optimasi.

Masalah meta deskripsi ini juga sudah di bahas oleh Matt Cut – Google Enginer, berikut saya tulis kembali kutipan yang google katakan :

We do use the meta description tag.

The meta description is really handy, because if we don’t know what whould make a good snippet, and you have something in the meta description tag that would basically give a pretty good answer, maybe it matches what the user type in or something along those lines, then we do reserve the right to show that meta description tag as SNIPPET.

So we can either show the snippet that might be the keyword in context on the page or the meta description.

Now, if the meta description is really well written and really compelling, then a person who sees it might click through more often.

So, if you’r a good seo someone who is paying attention to conversion and not just ranking on trophy phrases, then you might want to pay some attention to testing different meta descriptions that might result in more click through and possibly more conversions.

So don’t do anything deceptive, like you say you’re about apples when you are really about red widgets that are completely unrelated to apples, but if you have a good and a compelling meta description that can be handy.

But at a 50.000 foot level, don’t pay attention to the keyword meta tags, but the description meta tag is worth paying attention to.

Source : https://support.google.com/webmasters/answer/79812?hl=id&ref_topic=4617741

 

Dari kutipan Matt Cut diatas dapat kita simpulkan bahwa Meta Description Tag layak untuk Anda perhatikan bukan hanya untuk SEO tapi juga CTR kedalam website Anda.

Jika meta deskripsi yang Anda buat lebih menarik perhatian dibandingkap website kompetitor Anda, halman website Anda akan lebih banyak di klik dibandingkan kompetitor Anda.

Jadi untuk Anda yang baru mulai belajar seo, sebaiknya selalu mengisi meta deskripsi ini agar google lebih mudah mengenali isi dari halaman postingan Anda tersebut.

 

Add Comment