fbpx

Cara Membuat Backlink, Penggunaan Anchor Text & Studi Kasus Optimasi 28 Hari

Membangun backlink merupakan salah satu hal terpenting dalam mengoptimasi sebuah website dimana di dalam SEO lebih dikenal dengan istilah Offpage yaitu optimasi yang dilakukan dari luar website itu sendiri.

Backlink merupakan salah satu faktor trusted/kepercayaan mesin pencari terhadap website kita.
Vote/link yg diberikan oleh website lain tersebut dapat meningkatkan authority terhadap website Anda.

Semakin tinggi trusted website Anda di Search Engine semakin mudah untuk menempati halaman pertama untuk niche/keyword tertentu.

Backlink ibarat pedang bermata 2, jika salah menggunakan bukan trusted yang akan Anda dapatkan tetapi justru penalty yang website Anda terima.

Untuk itu banyak webmaster sangat berhati-hati dalam membuat backlink khususnya di era update Algoritma Penguin.

Artikel kali ini saya akan coba membahas tips membuat backlink dengan tipe Contextual Link berdasarkan studi kasus kami dalam mengoptimasi website yang baru berjalan 28 Hari untuk  keyword dengan kompetisi yang cukup sulit.

cara membuat backlink

Dilihat dari history 28 hari terakhir terjadi peningkatan untuk jumlah click yang cukup lumayan tinggi yaitu sebesar 4.192% dan peningkatan jumlah jangkauan sebesar 415% dikarenakan beberapa keyword utama sudah di halaman pertama. Not Bad untuk optimasi selama 28 hari saja untuk kompetisi yang cukup sulit.

Berikut beberapa tips cara membuat backlink dan strategi offpage yang kami lakukan dalam studi kasus ini :

 

Bersihkan terlebih dahulu backlink profile.

Langkah pertama sebelum Anda menambah lagi jumlah backlink ke dalam situs Anda, sebaiknya Anda analisa terlebih dahulu apakah backlink yang saat ini dimiliki oleh situs Anda sudah aman atau malah berbahaya karena tergolong spam.

Dalam studi kasus ini, website yang kami optimasi tidak banyak backlink profile yang tergolong spam karena sebelumnya juga memang belum pernah di bangun backlink kedalamnya.

Untuk Anda yang sebelumnya sudah pernah membangun backlink kedalam situs Anda, sebaiknya analisa terlebih dahulu apakah backlink profile yang website Anda miliki tergolong spam atau tidak.

Jika banyak backlink spam, sebaiknya Anda bersihkan dulu agar optimasi Anda keliatan hasilnya.

Untuk cek backlink profile tergolong spam atau tidak bisa cek artikel disini : Cara Melihat Backlink Profile

Anda bisa gunakan ahrefs untuk mendownload semua backlink yang website Anda miliki, kemudian filter semua backlink tersebut.

Backlink yang tergolong spam bisa di delete dan yang tidak bisa Anda delete bisa di submit ke disavow tools.

Untuk yang belum familiar dengan disavow tools saya coba jelaskan secara singkat. Disavow tools berfungsi untuk memberi tahu google link mana yang mau Anda abaikan untuk di terima oleh website Anda.

File yang di upload ke disavow tools adalah format .txt (UTF-8) yang berisi list url backlink yang ingin Anda abaikan untuk website Anda dan jika Anda Anda ingin keseluruhan domain untuk di abaikan Anda bisa gunakan format : domain:backlinkspam.com, contohnya seperti ini :

contoh disavow file

kemudian upload ke disavow tools disini : https://www.google.com/webmasters/tools/disavow-links-main

Bagaimana Disavow tools berkerja ? sederhananya bisa saya gambarkan seperti ini :

Misalkan Moneysite Anda memiliki backlink dari backlink 1, backlink 2, backlink 3, backlink 4, backlink 5 dan backlink 6.

BACA JUGA :  Cara Mencari Expired Domain Berkualitas Untuk PBN

Kemudian setelah Anda analisa ternyata backlink 2, backlink 3 dan backlink 5 tergolong spam dan Anda submit ke disavow tool, maka Moneysite Anda saat ini hanya terhitung mendapatkan backlink dari backlink 1, backlink 4 dan backlink 6. Semua backlink yang Anda submit ke disavow tool akan di abaikan oleh google sebagai backlink website Anda.

Pertanyaan yang sering ditanyakan kesaya, “mas, saya sudah upload disavow file tapi setelah saya cek di ahref dan google search console backlink nya masih ada. Apa ada yang salah dengan file disavow nya ?

Sebenarnya tidak ada yang salah, secara struktur backlink yang Anda miliki memang tetap masih  ada namun tidak lagi di perhitungkan power-nya untuk situs Anda. Istilah dari google adalah merubahnya seperti format Nofollow.

Alurnya bisa di gambarkan seperti ini :

Alur backlink disavow tools

Setelah file tersebut sudah Anda submit bisa Anda submit juga url backlink disavow file tersebut ke indexing service.

Lhaa, kok di submit lagi ke indexing service mas ? kan backlinknya mau di abaikan dan sudah di submit ke disavow tool. ?

Proses submit disavow file membutuhkan waktu yang cukup panjang karena google harus melakukan recrawl, reindex, dan recache url-url backlink tersebut baru bisa melihat bahwa url tersebut ingin Anda abaikan untuk website Anda. Jadi untuk mempercepat proses tersebut bisa di submit ke Indexing Service.

Nanti backlinknya terbaca lagi dong untuk website saya ?

Tidak ! karena sebelum google menghitung backlink yang website Anda miliki, google akan cek terlebih dahulu disavow file Anda. jika backlink tersebut ada di disavow file maka google tidak akan menghitungnya.

PENTING ! Usahakan jangan pernah buat disavow file baru kemudian di upload lagi, karena di disavow tool hanya bisa ada 1 file saja.

Jadi jika kedepan ada url yang mau Anda tambahkan di disavow file, download terlebih dahulu file tersebut, kemudian edit, lalu submit lagi, sehingga url lama tidak terhapus.

 

Pastikan Onpage sudah optimal

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai membuat backlink adalah pastikan dulu onpage halaman website Anda sudah optimal.

Sudah terindex google, tidak ada error, sudah terbaca oleh google, mobile friendly, kecepatan mengakses situs tidak lebih dari 4 detik, dan hal teknis lainnya seperti Struktur Heading, Optimasi Meta Title, dan Meta Deskripsi.

Jika target keyword Anda berjenis Informational Intent atau Commercial Intent pastikan halaman konten Anda sudah optimal untuk target keyword yang Anda optimasi.

Untuk yang sudah ikut kelas advance pbn Anda bisa dengan mudah mengoptimasi bagian ini secara OTOMATIS menggunakan tools, yang perlu Anda lakukan hanya meng-edit konten Anda sesuai dengan Keyword Suggestion yang di berikan.

Seperti ini contohnya, saya ingin mengoptimasi keyword “Wisata Bandung” maka hasil dari suggestion keyword yang saya dapatkan seperti ini :

Optimasi keyword konten

Anda akan mendapat data keyword apa yang perlu di gunakan dan keyword apa yang perlu di tekankan atau di ulang cukup sering di konten Anda. Sehingga untuk mengoptimasi Onpage Anda bisa dengan sangat-sangat mudah.

Tools tersebut menggunakan Algoritma TF-IDF dari 20 website di halaman pertama untuk target keyword yang Anda targetkan. Algoritma ini juga sering digunakan di Project Machine Learning.

Untuk akses kelas advance pbn bisa cek disini : Belajar PBN Untuk Pemula dan Advance.

Gunakan Co-Citation untuk memperkuat relevansi dari konten Anda. perhatikan gambar dibawah :

co citation untuk memperkuat relevanci konten

Dengan memberikan link kehalaman lain, maka search engine, akan menganggap bahwa halaman Anda relevan dengan topik yang Anda bahas, dengan begitu artikel Anda akan lebih relevan terhadap topik yang Anda bahas.

BACA JUGA :  Panduan Lengkap Cara Membuat PBN (Private Blog Network)

Selain itu penggunaan internal link ke artikel lain juga dapat memberikan faktor relevansi sehingga Anda nantinya tidak perlu membuat backlink ke setiap konten didalam website Anda.

 

Fokus pada Backlink Contextual dan Do-Follow

Untuk studi kasus ini dikarenakan website dan keyword yang di targetkan berjenis commercial intent, dimana tidak banyak yang bisa di optimasi dari dalam website (onpage) maka kami lebih fokus jenis backlink contextual karena faktor relevancy topik berasal dari sini.

Backlink Contextual sederhananya adalah backlink yang berada di dalam konten. Jenis backlink ini memiliki power yang sangat baik untuk mendorong website ke halaman pertama.

Selain Link Contextual, yang kami perhatikan adalah link yang Do Follow, artinya link kita akan di perhitungkan oleh Google.

Untuk sumber nya kami menggunakan Private Blog Network (PBN) dan juga Guest Post, 2 sumber backlink ini memiliki jenis contextual link dengan kualitas yang baik, selain itu untuk diversity kami menggunakan free blog atau web 2.0.

Bagaimana cara membuat PBN Anda bisa baca artikel disini : Cara Membuat PBN

Jika Anda tidak memiliki waktu dan tidak mau pusing bisa coba Jasa Pembuatan PBN kami disini : Jasa Pembuatan PBN.

Untuk yang belum punya dana buat PBN sendiri, bisa coba alternatif group PBN, join disini : Group PBN Saung Seo

 

Optimasi Konten Backlink

Dikarenakan menggunakan jenis contextual link, maka konten backlink menjadi bagian yang sangat penting juga.

Tidak seperti 10 tahun lalu dimana konten spam masih bisa membuat website Anda terdorong kehalaman pertama, saat ini bisa jadi web Anda akan dipenalty oleh Algoritma Penguin ataupun Manual Spam Review.

Buat Konten yang relevan dengan target keyword Anda, tidak harus sama persis tapi relevan.

Misal target keyword Anda “Tempat Wisata Bandung”, Untuk konten Backlink, Anda tidak perlu membuat konten yang sama “Tempat Wisata Bandung”. Konten backlink Anda bisa menggunakan keyword :

  • Wisata Lembang.
  • 10 Hal yang harus dilakukan saat di bandung.
  • Kuliner Bandung yang wajib di coba
  • 10 wisata air bandung.
  • dll

Gunakan Artikel Unik bukan Spun Artikel. Me-rewrite artikel boleh saja namun harus tetap unik. Anda bisa tambahkan informasi lebih detail, atau menggunakan gaya tulisan yang berbeda atau sudut pandang tulisan yang berbeda.

Optimasi juga keyword relevan di dalam konten Anda menggunakan cara di atas sama seperti Anda mengoptimasi konten Moneysite.

Optimasi keyword konten

 

Penggunaan Anchor Text & penerapan Co Occurrence

Untuk penggunaan Anchor Text saat ini kami lebih banyak menggunakan Naked URL atau Brand Domain, karena halaman yang ingin di optimasi adalah homepage untuk Anchor Text 99% menggunakan brand domain sisanya baru target keyword.

Kenapa tidak lebih banyak menggunakan target keyword atau Exact Anchor Text ?

Karena untuk saat ini Algoritma google sudah jauh lebih pintar memahami apa topik dari  konten backlink tersebut sehingga google bisa memutuskan relevan atau tidaknya konten backlink tersebut dengan url yang di targetkan.

Sebelumnya juga untuk konten backlink sudah di optimasi untuk topik yang di targetkan menggunakan cara diatas, selain itu kami juga menggunakan teknik Co Occurrence untuk menempatkan Anchor text.

Co Occurrence yang dimaksud adalah kemunculan keyword yang di targetkan yang berada dekat dengan Anchor text.

Contohnya seperti ini :

Kami membaca info lebih banyak tentang tempat wisata di Bandung dari website travelbandung.com

Dalam code html :

<p>Kami membaca info lebih banyak tentang tempat wisata di Bandung dari website <a href=”travelbandung.com/artikel-wisata-bandung/“>travelbandung.com<a/></p>

 

Dari contoh diatas adalah pernerapan Co Occurrence, dimana target keyword tempat wisata Bandung muncul sebelum anchor text.

BACA JUGA :  Pengertian Backlink Profile dan Cara Mengetahui Backlink Profile Yang Baik Untuk SEO

Tujuannya sama seperti Co Citation untuk memperkuat apa topik dari website yang di tuju oleh Anchor Text.

 

FAQ :

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan :

Q : Apakah membuat backlink dengan sengaja tidak di perbolehkan oleh google ? 

A : Coba perhatikan lagi video ini :

Bahkan Matt Cut dulu pernah memberi ide bagaimana membuat backlink.

Yang jadi permasalahan adalah kualitas backlinknya, karena kebanyakan yang membuat backlink menggunakan teknik spam, sehingga menjadi perhatian bagi algoritma google.

Namun jika Anda fokus pada kualitas dari backlink Anda, maka tidak akan ada masalah.

 

Q : Apakah menggunakan PBN dan Guset Post bisa di penalty ?

A : Kembali lagi seperti di atas, fokusnya adalah kualitas. Kalau Anda menggunakan spun artikel, spam anchor text, tetap Anda akan di penalty.

Jika Anda tidak memiliki waktu dan tidak mau pusing bisa coba Jasa Pembuatan PBN kami disini : Jasa Pembuatan PBN.

Untuk yang belum punya dana buat PBN sendiri, bisa coba alternatif group PBN, join disini : Group PBN Saung Seo

 

Q : Berapa jumlah kata yang di sarankan untuk konten backlink ?

A : Untuk konten backlink saya menggunakan keyword Informational Intent, biasanya diatas 700 kata, karena bisa semakin banyak mengexplore keyword yang relevan dengan target keyword.

 

Q : Apa perlu di submit servis Indexing untuk mempercepat proses index backlink ?

A : Tidak perlu, biarkan google meng-crawl dan mengindex secara sendirinya.

 

Q : Berapa banyak backlink yang dibutuhkan untuk bisa ke halaman pertama ?

A : Tergantung kompetisi website Anda, setiap keyword memiliki kommtisi tersendiri, silakan tes sedikit demi sedikit. Ingat fokusnya di kualitas bukan banyaknya backlink.

Jika Ada pertanyaan lain bisa komen di bawah. ^_^

 

Beberapa Istilah yang biasa digunakan dalam membuat backlink

Berikut ini beberapa istilah dalam membuat backlink yang mungkin akan sering Anda dengar saat membaca artikel tentang backlink. Kami bahas secara sederhana supaya lebih gampang di pahami.

Offpage SEO

Strategi/cara mengoptimasi website yang dilakukan dari luar website itu sendiri.

Backlink

Link yang ada pada website/blog orang lain yang menuju kedalam website Anda.

Anchor Text

Teks yang terlihat dan dapat di klik dalam hyperlink HTML atau Element HTML <a>. Letaknya nya berada di antara TAG <a href”http://target-url.com”>ini Anchor Text</a>

Target URL

Url yang di targetkan saat membuat backlink. Contohnya sama seperti diatas <a href”http://ini-target-url.com“>Anchor Text</a>

No Follow

Atribut rel HTML Elemen yang berfungsi untuk membatasi BOT Search Engine mengikuti url yang ada dalam hyperlink. No Follow Digunakan untuk mengurangi tindakan spam di dalam sebuah website. Misalkan untuk engine wordpress secara default semua link yang berada di kolom komentar akan berstatus nofollow.

Pyramid Link

Backlink yang dibuat secara terstruktur kebawah menggunakan tier/tingkatan yang membentuk seperti pyramid. Semakin rendah tier jumlah link akan semakin banyak.

Index

Status backlink apakah sudah ada di search engine atau belum. Untuk mengetahuinya dengan mengetik query site:http://url-backlink.com

Drip Feed

Periode yang digunakan dalam mengirim backlink. Bisanya digunakan dalam tools-tools backlink otomatis.

Contextual Link

Link yang berada diantara konten atau berada didalam konten.

Side wide Link

Link yang hampir muncul disemua halaman website Anda, biasanya tergenerate secara otomatis oleh themes/template yang Anda gunakan biasanya di footer, widget atau header.

Internal Link

Link yang ditujukan ke halaman lain didalam website itu sendiri.

Eksternal link

Link yang ditujukan ke Halaman yang berada diluar website tersebut.

Penguin Algoritma

Algoritma google yang menghandle masalah backlink dan anchor text. Fokus dari penguin adalah kualitas link.

 

Add Comment