fbpx

16 Cara Riset Keyword Untuk Konten Blog

Ada banyak cara riset keyword/kata kunci mulai dari cara gratis sampai berbayar, dari cara paling simple sampai cara yang rumit. Artikel kali ini saya akan berikan tips 16 cara riset keyword yang bisa Anda gunakan untuk mebuat konten blog Anda.

Riset keyword adalah bagian yang terpenting sebelum Anda memulai mengoptimasi website atau sebelum Anda menulis artikel didalam blog Anda, karena kalau riset kata kuncinya salah hasilnya juga tidak akan optimal, percuma saja Anda berdarah-darah di SEO Onpage dan Offpage tetapi Anda salah dalam memilih keyword.

Riset keyword bisa dibilang cara untuk mengenali musuh Anda, kata kunci apa saja yang harus Anda targetkan, bagaimana kompetisinya, bagaimana monetize nya jika target kata kunci sudah di halaman pertama.

Tujuan dari riset keyword BUKAN hanya untuk mencari kata kunci yang mudah untuk masuk halaman pertama. Tujuan dari riset keyword adalah mencari kata kunci yang berpotensi menghasilkan trafik tinggi dan juga bernilai tinggi untuk Bisnis Anda.

Bagaimana memilih kata kunci yang bernilai tinggi saya bahas pada artikel berikutnya. Artikel kali ini saya akan bahas bagaimana mencari ide kata kunci untuk website Anda.

Berikut saya rangkum 16 cara riset keyword untuk menemukan ide yang bisa Anda gunakan untuk membuat konten blog.

 

1. Ubersuggest

Cara pertama Anda bisa gunakan tool ubersuggest milik neil patel. Tool ini gratis dan memberikan hasil yang lumayan untuk menemukan ide kata kunci yang Anda ingin targetkan. Hasil dari data yang diberikan juga lumayan lengkap seperti volume pencarian (search Volume) yang sekarang tidak bisa kita lihat lagi melalui google keyword planner.

Berbeda dengan kebanyakan tool riset keyword lain yang biasanya hanya memberikan hasil “keyword turunan”, ubersuggest bisa memberikan ide kata kunci baru yang masih relevan dengan kata kunci yang Anda targetkan.

Disini saya coba mencari ide keyword untuk target keyword “diet”. Hasilnya tidak seperti google keyword planner yang menampilkan semua kata kunci yang mengandung kata “diet”, ubersuggest memberikan ide kata kunci yang relevan dengan kata diet seperti ini :

keyword ubersuggest

 

Kata kunci yang muncul adalah “cara menurunkan berat badan”, sangat relevan dengan kata kunci diet. Selain itu ubersuggest juga menyediakan fitur keyword competitiveness yaitu “SEO Dificulty (SD)” yang berada di kolom paling kanan dengan range 1 – 100, semakin tinggi nilainya maka semakin sulit kompetisinya.

Parameter SD menggunakan DA dan PA MOZ sebagai alat ukur kekuatan website dihalaman pertama, jadi nilai ini tidak 100 akurat, saran saya jangan terlalu terfokus pada Kompetisi Keyword dari hasil tools riset keyword. Untuk melihat kompetisi sebaiknya Anda langsung cek website yang ada di halaman pertama google secara langsung.

 

2. Wikipedia

Tempat selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk menemukan ide keyword untuk website Anda adalah “WIKIPEDIA”.

Caranya Anda tinggal masuk ke salah satu artikel sesuai dengan topik yang Anda targetkan.

keword wikipedia

Dari artikel tersebut Anda bisa menemukan ide keyword yang relevan dengan topik SEO (Search Engine Optimization) seperti keyword density, Ranking manipulation, page rank, result page, inbound links, google, link schame, meta tags, dll.

Bagaimana kalau web saya Bahasa Indonesia mas ?? gampang, Anda tinggal translate aja ke Bahasa Indonesia. Atau Anda bisa mencarinya di Wikipedia Indonesia.

Ini hasil saat saya scrape related keyword dari Wikipedia menggunakan word2vec (machine learning) :

word2vec wikipedia seo

Saya menemukan ide kata kunci yang relevan dengan topik SEO seperti semantic, pagerank, crawl, indexing, HTML, Content.

 

3. Long Tail Pro

Long tail pro adalah salah satu tools berbayar yang lumayan popular dikalangan praktisi seo. Yang paling dikenal adalah matrik KC (keyword kompetitiviness) dimana metrik ini memberikan Anda informasi mengenai tingkat kesulitan kata kunci tersebut di ranking di halaman pertama.

BACA JUGA :  Cara Riset Keyword Agar Efektif dan Cepat

Matrik ini mengkalkulasi matrik yang dimiliki website yang berada dihalaman pertama google, parameter yang diperhitungkan seperti jumlah link, TF, aged, dan keterkaitannya dengan title website di halaman pertama.

Anda bisa mencoba long tail pro dengan versi trial terlebih dahulu.

keyword hasil long tail pro

 

4. Semrush

Sama seperti ubersuggest, semrush dapat memberikan ide kata kunci untuk topik website Anda. Selain untuk menemukan ide baru dari keyword utama, semrush paling sering digunakan untuk mencari ide keyword milik kompetitor. Sama seperti tools LTP dan ubbersugest, semrush juga menampilkan volume pencarian yang saat ini tidak di tampilkan lagi oleh google keyword planner, sehingga Anda memiliki gambaran seberapa besar trafik yang akan Anda dapatkan jika kata kunci tersebut Anda ranking dihalaman pertama.

Kata kunci apa saja yang di ranking oleh kompetitor atau kata kunci mana yang belum di optimasi kompetitor bisa Anda lihat menggunakan tools Semrush ini. Sayang nya tools semrush tidak memberikan informasi tingkat kesulitan untuk kata kunci tersebut. Berbeda dengan tools Long Tail Pro yang memberikan informasi tingkat kesulita keyword berdasarkan metrik KC (Keyword Competitivenes).

Saya pernah bahas cara menemukan kata kunci yang potensial milik kompetitor di artikel ini : Riset Keyword Semrush

riset keyword semrush

 

5. Kompetitor Keyword

Dengan cara ini Anda bisa mencari ide keyword langsung dari website kompetitor Anda.

Anda bisa langsung ketik web kompetitor Anda atau mencari nya dulu di google sesuai target keyword Anda.

Cara ini cukup mudah, Anda tinggal perhatikan saja setiap artikel di web tersebut dan kategori yang di gunakan.

Coba masuk ke setiap postingannya, kemudian cek keyword yang mereka gunakan, bagaimana cara penyampaian artikelnya menggunakan metode apa, Anda tinggal modif saja dan bahas dari sudut pandang yang berdeda. Ingat jangan copy paste artikel kompetitor ke web kita, cukup lihat ide artikelnya saja, apa yg di bahas, keyword apa saja yg muncul.

keyword kompetitor

Dari melihat list artikel milik kompetitor saja kita sudah bisa mendapatkan ide kata kunci apa yang akan kita gunakan. Silakan Anda list semua kata kunci tersebut.

Anda juga bisa masuk ke setiap artikel untuk mendapatkan keyword lain yang relevan, tahap ini akan saya bahas di artikel selanjutnya mengapa Anda harus mengumpulkan keyword yang relevan untuk setiap keyword utama yang Anda targetkan.

 

6. Google Hidden Keyword

Fitur ini masih terbilang baru dari hasil pencarian google, dimana yang selama ini kita ketahui dari hasil pencarian hanya ada dua, yaitu google suggest (kata kunci yang muncul saat kita mengetikan query di kotak pencarian), dan google related search (biasanya muncul di akhir hasil pencarian).

Yang satu ini bisa di bilang HIDDEN karena keyword akan muncul setelah kita masuk ke salah satu website hasil pencarian google, kemudian klik tombol “back” pada browser. Hasilnya akan seperti ini :

Hidden Keyword dari Google 1

Mengapa dibilang hidden karena keyword ini sebenarnya sudah muncul di hasil pencarian, namun google menggunakan code css <style=”display:none”> sehingga keyword ini baru di muncul saat user menekan tombol back pada browser.

Hidden Keyword dari Google 5

Untuk melihat keyword ini Anda cukup masuk kesalah satu web dari hasil pencarian query yang Anda targetkan, kemudian tekan tombol back pada browser, nanti akan muncul related keyword untuk url yang kalian kunjungi sebelumnya.

Hidden Keyword dari Google 2

Untuk detailnya Anda bisa baca artikel saya disini : https://ads.id/forums/index.php?threads/share-hidden-keyword-dari-google-satu-lagi-yang-baru-dari-google-search-update-tools-scraping.302946/

 

7. Kwfinder

Tools ini sama seperti ubersuggest namun kwfinder tools yang berbayar, untuk versi free nya hanya terbatas beberapa keyword saja.

Kwfinder juga memberikan informasi tingkat persaingan keyword dengan nilai 1-100, semakin tinggi nilainya juga semakin sulit persaingannya.

riset keyword kwfinder

 

8. Scrapebox Keyword Tool

Scrapebox adalah salah satu tools SEO yang sebagian besar menggunakannya untuk aktivitas backlink, namun sebenarnya Scrapebox fungsinya bukan hanya untuk backlink, sesuai dengan namanya scrapebox sebenarnya berfungsi untuk melakukan scraping, atau mengumpulkan data.

BACA JUGA :  Cara memilih keyword agar mudah masuk halaman pertama Google.

Ada banyak fitur yang bisa digunakan menggunakan scrapebox, salah satunya untuk mengenerate kata kunci secara banyak, namun hanya keyword saja, tidak ada informasi lain seperti jumlah pencarian ataupun informasi kompetisi keyword seperti ubbersugest, Longtailpro ataupun kwfinder diatas.

riset keyword scrapebox

 

 

9. Google Search Console

Google Webmaster tools yang sekarang sudah menjadi Google Search Console (GSC) adalah salah satu tools Google yang wajib di install didalam website utama Anda, banyak informasi yang didapat dari dashboard GSC Anda.

Dengan GSC Anda bisa melihat performa dari website utama Anda, bagaimana Crawl Google terhadad web, apakah ada error didalam struktur website, Bahkan juga bisa melihat apakah website dalam pengawasan google atau lebih dikenal dengan Manual Action.

GSC juga bisa digunakan untuk melihat search query yang sudah masuk kedalam website Anda, dengan begitu Anda bisa tau mana kata kunci yang belum di optimasi, apakah perlu di buat artikel baru atau mengoptimasi artikel yang sudah ada.

Fungsi fitur ini adalah melihat berapa kali website Anda muncul saat user mengetikan query tertentu, dan berapa kali website Anda di klik untuk Query tersebut. Sehinggal google bisa memastikan berapa persen CTR website Anda untuk pencarian query tersebut.

Cara ini lebih baik digunakan ketika website Anda sudah banyak artikelnya, karena google akan menampilkan search query yang lebih banyak.

Silakan Anda masuk ke Search Traffic > Search Analytics.

google search console

Pada contoh diatas saya bisa mengetahui bahwa website saungseo muncul sebanyak 1.778 kali untuk pencarian kata kunci (query) belajar seo dalam periode 28 hari terakhir di hasil pencarian google dan user yang masuk kedalam website saya sebanyak 132 user.

Anda bisa download semua hasilnya, karena lebih mudah di analisa menggunakan Microsoft Excel.

Kemudian lakukan filter dibagian impressions, silakan filter > 50, kemudian sorot kolom positions dari besar ke kecil. Nanti Anda bisa lihat kata kunci yang belum Anda optimasi.

keyword google search console

 

10. keywordtool.io

Keywordtool.io adalah salah satu tools berbayar yang memberikan fitur hasil pencarian dari Google Suggest. Tools ini berbayar untuk melihat semua datanya seperti jumlah pencarian, nilai cpc, trend dan kompetisi adword.

Namun untuk mencari ide keyword Anda hanya butuh kata kunci-nya saja, untuk kompetisi bisa dilakukan secara manual yang akan saya bahas di materi selanjutnya.

hasil keywordtool.io

 

 

11. Google Suggestion & Related Search

Google suggestion dan related keyword selalu muncul saat Anda melakukan pencarian di google. Dari 2 fitur ini Anda juga bisa menemukan ide keyword untuk di jadikan artikel atau bisa digunakan untuk memperkuat keyword utama yang Anda targetkan.

Dengan menggunakan Google Suggestion dan Google Related Search Anda bisa menemukan keyword utama untuk dijadikan artikel yang akan Anda bahas didalam web Anda atau bisa di jadikan keyword pendukung dari keyword utama Anda.

keyword google suggestions

Untuk pencarian keyword resep kue, google memberikan clue atau alternative keyword yang berhubungan dengan resep kue, kemudia saya pilih yang posisinya paling atas yaitu “resep kue basah”

Setelah Anda klik search, lalu scroll ke bagian paling bawah dari hasil pencarian google, nanti Anda juga akan melihat related keyword yang diberikan google untuk hasil dari Resep Kue Basah seperti ini :

google related keyword 5

Google Suggest dan Related keyword ini sebenarnya hampir sama fungsinya, yaitu memberikan pencarian terkait terhadap keyword yang Anda targetkan, biasanya hasil dari google suggestion ataupun related search biasanya akan dijadikan keyword utama yang akan dibuat menjadi artikel kalaupun akan dibuat menjadi keyword pendukung biasanya juga akan dibuat menjadi artikel yang terpisah dan dibuatkan silo untuk struktur internalink agar lebih optimal.

Pembahasan masalah ini akan saya bahas di artikel selanjutnya.

 

12. Histats

Histats adalah salah satu tools Visitor Stats counter atau bisa di bilang pencatat jumlah visitor yang masuk kedalam website Anda.

Selain mencatat berapa visitor yang masuk kedalam website Anda, histats juga mendata visitor yang masuk melalui mesin pencari google menggunakan kata kunci apa.

BACA JUGA :  Cara Riset Keyword Agar Efektif dan Cepat

Fitur ini bisa Anda lihat di navigasi sebelah kanan yaitu Traffic Source > Search Engine.

riset kata kunci dengan histats

Anda akan lihat hasil tangkapan dari histats untuk website Anda seperti ini :

riset keyword histats

 

13. Marketplace

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menemukan ide kata kunci yang bisa Anda gunakan kedalam website Anda adalah mencarinya di marketplace.

Ada banyak marketplace yang bisa Anda gunakan untuk menemukan ide membuat artikel, misalnya untuk market local Anda bisa gunakan marketplace tokopedia karena disana Anda bisa melihat semua kategori yang bisa jadi ide Anda membuat konten website ataupun keyword yang nantinya bisa Anda gunakan untuk memperkuat keyword utama Anda.

mencari keyword dari marketplace

 

 

14. Ahrefs

Ahref adalah salah satu SEO tools yang paling banyak di gunakan oleh webmaster untuk melihat backlink yang dimiliki websitenya ataupun menganalisa backlink website kompetitor.

Data yang dimiliki ahref jauh lebih lengkap dibandingkan kompetitornya seperti MOZ dan Majestic tidak heran jika kebanyakan webmaster memilih ahref sebagai tools andalan mereka untuk menganalisa sebuah website.

Selain memberikan data yang lebih lengkap, ahref memiliki fitur yang tidak hanya menganalisa backlink tapi juga mampu mengambil data keyword apa saja yang diranking oleh sebuah website.

Anda tinggal masukan website Anda ataupun bisa menggunakan website kompetitor web Anda :

keyword ahrefs

Dari data ahrefs kita dapat melihat keyword apa saja yang tertangkap untuk website tersebut, berapa jumlah pencariannya, potensi trafik dan juga posisi keyword di search engine.

Tools ini sangat berguna untuk mengoptimasi keyword yang belum Anda optimasi didalam website Anda ataupun Anda bisa gunakan untuk membuat artikel baru dari hasil keyword tersebut.

 

 

15. Spying Method

Hampir sama dengan cara no 4 diatas dimana Anda mencari ide kata kunci dari website kompetitor yang ada dihalaman pertama google namun untuk cara ini Anda tidak mencarinya dari website di halaman pertama, namun dari website yang sudah berhasil terjual mahal di flippa.com.

Cara Riset Keyword ini menggunakan tools yang sudah saya bahas di atas yaitu semrush, atau Anda juga bisa menggunakan ahrefs.

Silakan masuk ke flippa > Established sites > Just Sold

keyword flippa

Kemudian Anda bisa pilih website dan niche yang ingin Anda tiru. Selanjutnya Anda tinggal masukan url atau nama domain web yang Anda pilih kedalam tools semrush.

Download semua hasilnya agar lebih mudah mengorganisir setiap keyword.

Cara ini juga pernah saya bahas di artikel ini secara lengkap silakan baca disini.

 

 

16. Keyword Revealer

Tools ini sama seperti Long Tail Pro diatas, yang membedakan adalah parameter dalam menentukan kompetisi keyword atau tingkat persaingan di halaman pertama. Kalau sebelumnya untuk tools LTP menggunakan parameter metrik dari majestic, untuk keyword revealer menggunakan metrik dari MOZ.

Untuk alternative lainnya Anda bisa gunakan tools ini juga dalam menemukan keyword untuk website Anda.

Tools ini berbayar, namun Anda bisa menggunakan versi yang free terlebih dahulu.

keyword-revealer

Ke 16 cara riset keyword diatas hanyalah cara bagaimana Anda mengumpulkan list keyword yang berpotensi untuk blog atau website Anda. Bukan berarti Anda bisa langsung menggunakannya untuk di jadikan konten.

Dari 16 cara riset keyword diatas tidak semuanya memberikan informasi seperti volume perncarian dan tingkat persaingan kata kunci tersebut. Untuk yang tidak memberikan informasi search volume Anda bisa cek di ubersuggest, dan untuk tingkat kesulitan kata kunci bisa Anda cek langsung di halaman pertama, bagaimana kompetisi kata kunci tersebut.

Selain itu, dari list kata kunci yang Anda dapatkan menggunakan cara diatas, Anda harus mem-filter nya lagi keyword mana yang bisa dijadikan 1 atau digabungkan dengan beberapa keyword lainnya, mana keyword yang bernilai tinggi berdasarkan jenis website dan Jenis monetize apa yang Anda gunakan untuk Website Anda.

Artikel selanjutnya saya akan bahas bagamana memilih keyword hasil riset kata kunci pada artikel ini sehingga bisa optimal dijadikan artikel blog. silakan baca disini : Cara Memilih Keyword Agar Mudah Masuk Halaman Pertama Google

Add Comment