Teknik Research Keyword 2014

Kursus Seo Advance

Pada artikel kali ini saya coba bahas tentang bagaimana cara saya melakukan research keyword dengan terstruktur berdasarkan niche yang ditargetkan. Sebagian besar blogger atau imers melakukan research keyword langsung dengan menargetkan keyword utamanya kemudian melakukan research/riset untuk mendapatkan keyword yang low kompetisi.

Cara ini memang sudah biasa kita lakukan didalam research keyword. Namun ada satu hal penting yang sebenarnya kita lupakan dalam research keyword itu sendiri yaitu “Struktur Keyword”. Struktur keyword akan mempermudah kita mendominasi setiap Level dari keyword yang kita targetkan.

KONSEP :

Konsep dari strategi yang saya lakukan masih sama dari teknik yang saya lakukan sejak tahun 2011 yang lalu, kalau Anda member rahasia master seo kemungkinan sudah pernah mempelajari konsep saya ini.

Saya asumsikan seperti ini : Jika saya ditargetkan untuk mendapatkan 1000 visitor/bulan kedalam situs saya, maka pilihan saya ada 2, Yaitu :

  1. Mencari 1 buah keyword dengan volume pencarian 1000/bulan
  2. Mencari 10 buah keyword dengan volume pencarian 100/bulan

Saya bahas satu per-satu.

  1. Mencari 1 buah keyword dengan volume pencarian 1000/bulan.

Cara ini bisa dikatakan lebih enak karena kita hanya perlu mencari 1 buah keyword dengan volume pencarian 1000/bulan. Sayangnya menemukan 1 buah keyword dengan pencarian 1000/bulan yang low kompetitor itu tidaklah mudah, apalagi bagi Anda yang sangat awam dalam hal Research Keyword.

katakanlah Anda bisa menemukan keyword tersebut (Search Volume 1000/bulan, Low Competitor) dan Anda bisa menempati posisi 1 google. Tetapi masalah tidak berhenti sampai disitu, resiko lainnya adalah, jika sewaktu-waktu keyword Anda tersebut drop dari SERP entah karena faktor apapun, maka potensi Visitor 1000/bulan juga akan hilang. Karena situs dengan keyword yang Anda targetkan tersebut tidak di halaman pertama google lagi.

  1. Mencari 10 buah keyword dengan volume pencarian 100/bulan.

Cara ini terlihat sulit karena kita harus menemukan 10 buah keyword. akan tetapi untuk menemukan 10 buah keyword dengan volume pencarian 100/bulan itu jauh lebih mudah ketimbang Anda harus mencari 1 keyword dengan volume pencarian 1000/bulan yang Low Kompetitor sehingga bisa dengan mudah menempati posisi 1 google.

Mengapa ? simpel saja, kebanyakan blogger atau Imers tidak akan mengambil keyword tersebut, karena mereka menganggap keyword tersebut tidak berpotensi mendatangkan traffic.. LOL.. 😀

Sekarang saya asumsikan 10 keyword tersebut menempati posisi 1 di google. Dan jika sewaktu-waktu salah satu keyword Anda terlempar dari halaman pertama karena faktor apapun, maka Anda tidak kehilangan potensi 1000 visitor/bulan, tetapi Anda hanya kehilangan 100 visitor/bulan dan 900 visitor lainnya masih milik Anda.

1 x 1.000 = 1.000 sama dengan 10 x 100 = 1.000

STEP I

Buatlah struktur dari niche Anda terlebih dahulu. Silakan masuk kesitus bubbl.us untuk membuatnya. masukan niche Anda (misalnya “sepatu”)

Research Keyword

STEP II

Langkah kedua, Anda akan mengambil Keyword Level I atau keyword utama dari niche yang Anda targetkan tersebut. untuk mengambil keyword tersebut gunakan tools “Google Keyword Planner”.

masukan keyword ke kolom keyword, kemudian pilih location dan language sesuai keyword yang Anda targetkan. lalu di bagian Include/exclude ketik lagi keyword Anda tersebut agar Google Keyword Planner hanya menampilkan hasil yang relevan dengan keyword Anda tersebut.

Sort kolom berdasarkan Avg Monthly Searches yang terbesar. silakan Anda pilih 5-10 keyword utama Anda. Usahakan pilih keyword yang memiliki Avg Monthly Searches lebih besar > 1000. dan juga usahakan hanya mengandung 2 kata saja.

misal dalam contoh ini :

– sepatu wanita

– sepatu pria

– sepatu futsal

– sepatu kulit

– sepatu bola

Lalu masukan keyword-keyword tersebut kedalam struktur yang telah dibuat sebelumnya disitus bubbl.us.

STEP III

Selajutnya kita akan meng-explore masing-masing keyword utama yang telah Anda ambil ditahap sebelumnya. disini kita baru akan melakukan filtering dalam research keyword.

Untuk filtering dalam research keyword hanya ada 2 faktor utama, yaitu :

1. Keyword Filtering

Yaitu Filtering yang dilakukan terhadap banyaknya penggunaan keyword tersebut dihasil pencarian google atau lebih simple nya kompetisi berdasarkan hasil result page google. Beberapa contoh Keyword filtering : intitle, inurl, inanchor, relevan page, result page, dll.

2. Web Filtering

Yaitu filtering yang dilakukan terhadap Top 10 website yang menempati halaman pertama untuk keyword yang ditargetkan tersebut. Faktor-faktor dari Web filtering ini adalah Page Rank, Domain Authority, Page Authority, Link Juice, Backlink, Domain Age, Trust Flow, CitationFlow, dll.

Namun di web filtering yang saya lakukan hanya menggunakan 3 faktor dari 2 jenis filtering diatas :

– intitle:”keyword” < 5.000

– DA (Domain Authority) : Min ada 3 web < 30

– PA (Page Authority) : Min ada 3 web < 30

faktor intitle menggambarkan berapa banyak website yang menggunakan keyword tersebut secara Exact didalam Title Tag.

Domain Authority (DA) menggambarkan pupularitas atau kualitas sebuah Domain. Sama halnya dengan Page Authority yang menggambarkan pupolaritas atau kualitas dari sebuah Page/Halaman sebuah website.

Faktor pagerank dan backlink tidak saya gunakan dikarenakan nilai PA dan DA itu sendiri berasal dari Link Vote baik backlink ataupun social signal. sehingga untuk melihat kompetitor yang berkualitas bisa dilihat secara umum menggunakan 2 faktor tersebut walupun tidak bisa di generalisasikan semuanya. Namun untuk teknik research keyword ini cukup gunakan DA dan PA untuk menggambarkan kompetisi dihalaman pertama.

Silakan masukan lagi keyword level 1 yang telah didapat pada tahap sebelumnya kedalam google keyword planner. Dari contoh diatas kita dapatkan keyword “sepatu wanita” dari salah satu keyword level 1. gunakan cara yg sama dengan step II.

maka akan didapat beberapa “long tail keyword” misal saya ambil : “sepatu wanita model terbaru”

masuk ke google.co.id kemudian ketik intitle:”sepatu wanita model terbaru” lihat hasilnya harus lebih kecil dari 5.000

Cek DA dari 10 website yang berada dihalaman pertama. pastikan ada 3 web yang memiliki DA < 30

Cek PA dari 10 website yang berada dihalaman pertama. pastikan ada 3 web yang memiliki PA < 30

Untuk mempermudah melakukan cek DA dan PA, gunakan Addons Mozilla atau Chrome SeoMOz Toolbar ( silakan ketik di google addosn seomoz toolbar, kemudian install )

lakukan langkah ini untuk setiap keyword level 1 dari hasil yang dilakukan di STEP II.

STEP IV

Setelah dari tahap diatas kita mendapatkan beberapa keyword yang sesuai dengan filtering ditahap IV. Silakan masukan hasil keywordnya kedalam struktur yang telah dibuat di bubble.us sebelumnya, sehingga disini kita sudah mendapatkan struktur keyword yang baik untuk website kita.

Tips

untuk mendapatkan long tail keyword dengan hasil dan variasi keyword yang beragam, Anda bisa gunakan tools yang terdapat di website ubersuggest.org.

Mungkin Anda ada yang bertanya mengapa tidak langsung menargetkan keyword level 1 ?

Pertama, keyword level satu cenderung High Kompetisi dikarenakan pencariannya yang rata-rata tinggi. kedua dengan menargetkan Long tail keyword dari keyword level 1 maka Anda bisa menargetkan banyak keyword hanya dengan 1 artikel.

Sebenarnya walaupun Anda menggunakan long tail keyword, secara tidak langsung Anda juga menargetkan keyword level 1 Anda secara tidak langsung. misalkan seperti ini :

sepatu wanita model terbaru

Secara tidak langsung keyword tersebut juga menargetkan keyword utamanya yaitu “sepatu wanita”. Namun disini kita akan mendominasi keyword utama dengan long tail keyword. Ranking semua artikel menggunakan Long tail keyword yang mengandung kw utama dengan begitu keyword utama akan mendapatkan vote dari setiap page yang telah diranking menggunakan long tail keyword. cara ini sama seperti cara anda membangun backlink namun dalam miniatur Internal Linking.

Silakan tonton Video yang telah saya buat agar mempermudah Anda dalam memahami teknik yang saya berikan :

Video Tutorial :

 

Baca Juga :

9 Comments

    • Muhammad Khadafi

Leave a Reply