Niche Research Dulu Sebelum Research Keyword

Kursus Seo Advance

Anda sudah pasti sudah sering mendengar istilah Research Keyword sebelumnya. saya juga sudah pernah post soal research keyword tersebut disini. Namun ada hal yang perlu Anda ketahui sebelum Anda masuk kedalam tahapan Research keyword itu sendiri yaitu Research Niche.

ya menganalisa niche merupakan bagian penting sebelum Anda explore niche tersebut menjadi sebuah “keyword” melalui tahap research keyword. Banyak yang tidak melakukan ini dikarenakan terbiasa hanya melihat potensi traffic dari niche tersebut, atau hanya melihat apakah niche tersebut masuk dalam kategori HOT Niche.

Dipostingan kali ini saya akan coba memberi tips bagaimana melakukan research terhadap niche Anda :

  1. Pengaturan struktur keyword

Pertama yang harus anda lakukan andalah mengatur struktur  keyword anda, karena cara ini akan mendatangkan traffic yang benar-benar tertarget. Pernah dengar istilah visitor = uang. Saya pertegas istiah itu sama sekali tidak berguna disini jika Anda serius mencari uang dari internet. Datangkanlah visitor yang benar-benar tertarget kedalam web anda kemudian konversikan, maka uang baru akan datang ke web anda. Mari kita mulai :

 

  • Buka situs bubbl.us
  • Silakan singup terlebih dahulu.
  • Setelah berhasil mendaftar, silakan Anda login. Maka akan tampil seperti ini :

Research Niche

 

  • Pada kotak berwarna kuning tersebut, tulislah nama project anda.

Research Niche

 

  • Buat cabang dari kotak pertama minimal 5 buah.

Anda bisa saja membuat lebih dari 5 karena akan sangat membantu anda nantinya.

Research Niche

 

  1. Research niche untuk website Anda.

Cara ini mungkin akan sangat sulit untuk sebagian orang, karena bingung untuk memilih niche yang mana, mengingat ada banyak sekali niche. tapi saya akan tunjukan cara memilih niche yang tepat dan berpotensi mendatangkan banyak visitor.

 

  • Cari ide niche anda terlebih dahulu. Anda bisa gunakan situs magazines.com
  • Pilih view all catagories pada sidebar paling kiri untuk melihaat semua product yang bisa menjadi niche anda.
  • Akan muncul beberapa katagori dari majalah-majalah tersebut. Semakin banyak jumlah majalah yang tersedia maka semakin baik niche yang anda pilih. Karena perusahan majalah membuat judul dari majalahnya sesuai dengan apa yang menjadi trend dan yang paling banyak dicari. Jika anda memiliki cukup uang silakan anda beli majalah tersebut. Mengapa ? atau lebih tepatnya untuk apa ? hehehe..saya kasih tips, ini akan sangat membantu untuk konten anda nanti. Ada banyak tips dan artikel tentang apa yang populer tentang niche anda. Ini penting, jika anda mencari artikel dari internet dan mengcopy-nya menjadi konten anda, maka konten anda tidak unik lagi. Tapi jika anda copy dari majalah maka konten anda sudah pasti unik, paling tidak anda mempunyai ide untuk menulis apa pada artikel anda.
  • Apabila anda telah memilih niche yang tepat untuk anda, saya contohkan saya memilih “muscle” untuk niche saya, selanjutnya lakukan research berapa banyak yang mencari niche tersebut. Cara pertama saya gunakan yahoo answers.
  • Pada kolom search ketik lah niche anda. Pada kasus ini saya mengetikan “muscle”.

research niche

 

  • Pada kolom sort by pilih newest.

research niche

 

  • Lihat rentang waktu antara setiap pertanyaan, dari gambar diatas rentang waktunya tidak terlalu jauh hanya selisih lebih kurang 2-3 menit. Ini menujukan bahwa banyak yang mencari mengenai niche muscle.
  • Selanjutnya kemabali ke google.com. silakan tulis niche anda pada kotak pencarian google. Lihat web yang tampil pada halaman pertama google, kemudian lihat pagerank-nya, semakin tinggi pagerank maka semakin bagus. Lho kok gitu sih ?? bukannya klo pagerank-nya tinggi jadi susah masuk page 1 google.

Bener banget, tapi disini saya belum membahas soal keyword yang nantinya anda pilih.  Saya sama sekali belum masuk tentang bagaimana menentukan keyword anda. Yang saya lakukan adalah me-research niche market anda. Sehingga anda tau berapa banyak yang mencari keyword anda nantinya.

Research Keyword

 

  • Setelah melihat website yang bertengger dihalaman pertama tersebut, copy link url dari web tersebut. “penting !! pilih link yang berhubungan dengan niche anda, contoh link yang ada hubungannya dengan niche anda, disana terdapat web wikipedia, nah ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan niche anda.” Disini saya memilih situs www.muscleandfitness.com.

research niche

 

  • Selanjutnya perhatikan statistik web tersebut, apakah mengalami penurunah atau kenaikan, bagaimana statistiknya tiap bulan. Ini penting tapi tidak terlalu jadi permasalahan karena disini kita akan mencari tau tentang visitor anda nantinya.

Research niche

 

  • Lihat kebawah, maka anda akan menemukan data seperti ini :

Research niche

 

  • Berdasarkan data yang didapat, dapat disimpulkan bahwa niche muscle mempunyai :

–          63% laki-laki

–          Rata-rata berumur 18 – 48 tahun

–          No kids

–          Pengasilan rata-rata menengah.

Data ini sangat penting sehingga anda tau siapa visitor anda nanti. Dari data tersebut anda akan mebidik atau memilih produk yang nantinya anda review di dalam website anda.

Saya contohkan seperti ini : dari data tersebut tentu anda akan memilih produk yang dikhususkan untuk laki-laki, jadi anda tidak perlu memasang atau mereview product untuk wanita.

Dari segi umur, maka anda akan memasang produk yang dikhususkan untuk umur tersebut, contoh produk suplemen yang memiliki batasan umur.

Dari income didapat bahwa rata-rata pengunjung memiliki pendapatan menengah, sehingga anda tidak perlu memasang produk yang terlalu mahal karena akan tidak efektif.

Lakukan research minimal terhadap 3 website teratas hasil pencarian google agar mempunyai hasil rata-rata.

Oke, sekarang anda telah mendapatkan niche anda dan data visitor anda nantinya. Selanjutnya kembali ke situs bubbl.us sebelumnya dan masukan niche dan data yang anda dapatkan.

research keyword

 

Sekarang anda telah mempunyai niche untuk market yang anda bidik. Selanjutnya kita akan mencari dan menentukan keyword-keyword untuk website anda. materi ini saya bahas pada postingan yang berbeda, yaitu tetang research keyword.

Baca Juga :

4 Comments

Leave a Reply