Mengenal Lebih Dalam Algoritma Broad, Exact dan Phrase

Kursus Seo Advance

Didalam Reseach Keyword tentu Anda sudah menganal istilah Broad, Phrase dan Exact. Ketiga istilah tersebut merupakan Algoritma Keyword didalam kotak pencarian ( Search Box) search engine khususnya Google. masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda dalam menentukan website yang tampil dihalaman pertama google sesuai dengan jenis yang digunakan (Broad, phrase atau Exact).

Berikut ini saya jelaskan lebih mendalam tentang masing masing match type tersebut :

Broad Type

Adalah Hasil penelusuran yang memungkinkan ditampilkannya kata kunci ( keyword ) dengan frasa yang sesuai atau variasinya yang relevan dengan kata kunci ( keyword ) tersebut.

contoh : kata kunci lose weight fast, maka kemungkinan akan menampilkan kata kunci seperti :

weight lose fast

            – how to lose weight fast

            – fast and quick lose weight

            – lose the fast weight atau fasting to lose weight

tetapi tidak memasukan kata-kata yg hanya memuat :

weight

lose atau fast weight atau kata-kata lain diluar “weight lose”

Phrase Type

Hasil penelusuran yg memungkinkan ditampilkannya kata kunci (keyword) dengan frasa yang persis atau variasi frasa yang hanya terdapat prefix dan postfix pada keyword tersebut.

contoh : kata kunci lose weight fast, maka kemungkinan keyword yg muncul :

how to lose weight fast

lose weight fast easily

how to lose weight fast easily

tetapi tidak memasukan kata-kata dengan frasa atau variasi lain seperti :

fast lose weight

lose weight easy and fast

 

Exact Type

Hasil penelusuran yang hanya menampilkan kata kunci (keyword) dengan frasa yang sama persis dan tidak akan menampilkan variasi frasa lainnya.

contoh : kata kunci lose weight fast, maka kata yang muncul adalah :

lose weight fast

Coba perhatikan gambar dibawah :

research keyword

Dari hasil pencarian diatas menunjukan nilai 3.350.000 juga memasukan kata-kata “cara membuat blog” atau “membuat blog” untuk hasil pencarian dengan kata kunci “Panduan membuat blog”. Hasil ini memang wajar untuk saya, karena type pencarian kita bersifat Broad yang artinya kata kunci dengan frasa yang berbeda ataupun variasi frasa lain juga akan ikut masuk didalam hasil pencarian untuk kata kunci tersebut. J

karena “panduan membuat blog” adalah long tail keyword dari “membuat blog”,  bedanya hanya menambah prefix untuk keyword tersebut, maka google tetap membacanya sama yaitu “membuat blog”. Untuk itu google juga menampilkan variasi lain dari keyword “membuat blog” (cara membuat blog,tips membuat blog, dll). sekali lagi, hal ini terjadi karena system pencarian yang kita gunakan adalah ber-tipe “Broad”.

Jadi jika saya asumsikan nilai 3.350.000 itu adalah kompetitor, berarti untuk kata kunci “cara membuat blog” dan “membuat blog” serta bentuk frasa lain dari “membuat blog” juga ikut kedalam daftar kompetitor Anda untuk kata kunci “Panduan membuat blog” sehingga bagi saya nilai 3.350.000 tersebut sudah tidak valid lagi, untuk itu saya melakukan filtering seperti cara diatas untuk mengetahui siapa “Real Kompetitor” saya sebenarnya.

Biasanya jika dari hasil pencarian untuk kata kunci yang Anda targetkan terdapat banyak situs dengan bentuk frasa lain dari keyword yang Anda targetkan maka biasanya tidak akan butuh banyak waktu untuk mengambil alih posisi 1 tersebut.

Hal ini sudah pernah saya buktikan untuk “niche” make money dengan hasil pencarian 40.000.000 lebih. Dan blog saya bisa langsung mengambil posisi pertama hanya dalam waktu 3 Hari.

research-keyword

Karena untuk niche “make money” merupakan niche-nya para internet marketer jadi telah terbentuk banyak sekali frasa dan variasinya dari 1 buah kata kunci, bahkan untuk Long Tail Keyword sekalipun sehingga nilai dari hasil pencarian tetap akan tinggi. Itulah sebabnya jika anda membidik niche “make money” dengan keyword apapun, masih akan tinggi hasil pencariannya.

Walaupun demikian, nilai tersebut bersifat “broad” yang artinya jika kita bisa menemukan sebuah kata kunci (Long Tail Keyword) dalam [Exact] dengan Real kompetisi yang rendah,, maka bisa dengan mudah kita menduduki posisi pertama google walaupun dengan hasil pencarian yang sangat besar.

 

Baca Juga :

Leave a Reply