Kapan Saya Bisa Memulai Membuat Backlink ?

Kursus Seo Advance

Untuk sebagian orang yang baru memulai belajar seo mungkin pertanyaan ini sering kita dengar, kapan sebaiknya saya membuat backlink kedalam website saya. Kalau saya ditanya seperti itu, jawaban saya adalah menunggu website tersebut stabil.

Hal ini lebih sering dialami oleh fresh domain. Logikannya untuk website yang baru akan terlihat tidak natural jika tiba-tiba sudah memiliki link vote dari web lain tanpa ada factor tertentu.

Yang saya maksud disini adalah popularitas dan juga Traffic. Tentu akan menjadi tanda Tanya besar bagi google mengapa ada sebuah website yang memberikan Link Vote (backlink) kedalam sebuah website yang tidak popular dan tidak memiliki traffic kedalam situs tersebut. Dan google bisa dengan cepat mengambil kesimpulan ini adalah manipulasi link.

Berikut ini beberapa info yang perlu Anda ketahui :

Google tahu persis berapa kira-kira jumlah visitor yang masuk kedalam website Anda. Google juga bisa menghitung secara kasar Bounce Rate halaman website Anda. Dengan demikian Google bisa dengan mudah mengkalkulasi dan melihat jika ada manipulasi link dan fake social signal yang Anda lakukan.

Maksud saya disini adalah, Jika website kita memiliki Bounce Rate yang tinggi (dalam hal ini persentase) maka ini artinya content atau isi didalam website tersebut tidak menarik bagi visitor Anda.

Content yang tidak menarik bagi visitor sangat bertentangan jika mereka melakukan Share Social Signal apalagi Memberikan backlink untuk situs Anda.

Coba Anda bayangkan disaat anda masuk kesebuah halaman yang memiliki konten yang tidak menarik, apakah Anda mau menekan tombol Share ?

Kedua, Google dapat melihatnya melalui Visitor yang masuk kesitus Anda. Google memiliki massive range data yang dapat memprediksi secara kasar berapa jumlah backlink wajar yang dimiliki sebuah website berdasarkan jumlah visitor yang masuk. Ini artinya setiap penambahan backlink atau social signal seharusnya selalu diiringi oleh peningkatan jumlah visitor. Oleh karena itu untuk fresh domain memang sedkit berhati-hati dalam membangun backlink dan social signal, Google bisa dengan mudah mengidentifikasi manipulasi link yang masuk kesitus kita berdasarkan factor diatas. Ini juga alasan mengapa banyak website baru sering di sandbox saat mereka melakukan backlink.

Untuk Itu Anda yang masih berstatus fresh domain ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan :

  • Posting sebanyak mungkin unik artikel sesuai niche website Anda. Hal ini bisa menghindari Penalty dari salah satu factor yang menjadi target Algo Panda yaitu “Duplicate Content” dan Juga “Thin Content”.
  • Kasih social signal (real human/Real Social engagement) kedalam website Anda. Untuk mem-branding halaman web agar lebih popular dan juga bisa menjadi alternative sumber traffic awal anda. Lakukan secara natural kalau bisa di dripfeed selama 30 hari. 3-5 social signal perhari sudah cukup dibandingkan Anda membangun 100 social signal dalam waktu sehari, dan dihari berikutnya tidak ada aktifitas lagi.
  • Optimasi internal linking (seperti related post, Silo) dan Artikel yang bermanfaat dan menarik untuk memperkecil Bounce rate.

Untuk Anda yang sudah memiliki domain yang sudah cukup stabil juga tetap harus berhati-hati dalam melakukan backlink secara agrasif. Caranya Anda perhatikan efek yang timbul setiap ada update Algo google (walaupun minor update) jika web Anda tidak mendapatkan efek apapun. Maka web agan bisa di katakan stabil.

Baca Juga :

14 Comments

    • Muhammad Khadafi
    • Muhammad Khadafi

Leave a Reply