Manta Theme Project – SEO WordPress Themes Dari Para Expert SEO

Manta theme adalah wordpress theme dengan fitur utama yang di tonjolkan adalah SEO Optimize. Project ini dimulai sejak awal Maret 2017 lalu yang awalnya hanya iseng-iseng optimize struktur theme yang baik untuk seo sebelum akhirnya saya putuskan untuk membuatnya menjadi wordpress themes yang utuh dengan penerapan beberapa aspek SEO yang baik untuk sebuah website.

Saat ini setiap themes yang ada di pasaran sudah mulai menggunakan istilah “SEO Optimize” hanya saja belum jelas bagian SEO mana yang di optimasi dari theme tersebut. Karena kali ini peojectnya adalah SEO theme maka di postingan kali ini saya akan membahas aspek SEO apa yang saya terapkan didalam theme ini.

KONSEP DAN FITUR YANG DI TERAPKAN KE MANTA THEME

  1. Link Flow (Aliran Link)

Aliran link yang ada di homepage jadi perhatian pertama. Karena Theme ini lebih dikhususkan untuk niche blog maka halaman homepage sebisa mungkin tidak menampilkan banyak internal link agar Power (backlink) yang masuk ke homepage di alirkan sempurna ke halaman yang di inginkan saja bahkan dynamic sidebar juga di hilangkan dari homepage.

tidak ada pengulangan internal link yang tidak diperlukan.

 

 

  1. Tag H1 Di Posisi Paling Atas

Posisi header diletakan di bawah agar TAG H1 Dari Title Content ataupun page berada di paling atas dari sebuah halaman, ide ini diambil dari konsep Wikipedia dimana Tag H1 diletakan di paling atas berdasarkan google cache text version.

TAMPILAN LIVE WEBPAGE

 

 

GOOGLE CACHE TEXT VERSION

 

POSISI HEADER NAVIGASI MENU DI FOOTER

 

  1. Optimasi page sebagai SILO Landing Page.

Kebanyakan themes menggunakan taxonomy sebagai Silo landing page seperti category, tag ataupun custom taxonomy lainnya yang biasanya diletakan di navigasi header. Namun untuk project ini saya lebih prefer menggunakan page sebagai Silo Landing page, karena Page jauh lebih bisa di optimasi dibandingkan taxonomy.

Sama seperti homepage namun setiap page bisa digunakan sebagai landing page,  sesuai kategori yang kalian inginkan.

SAMPLE SILO LANDING PAGE

 

  1. Silo Navigasi

Untuk Navigasi menu juga bisa disetting SILO. Sehingga Link di navigasi yang muncul hanya page yang related saja. Sehingga memungkinkan kalian untuk membuat sebuah halaman menjadi “Closed Silo” (Materi Advance SEO Saungseo.com).

Navigasi Silo 1

Sample Navigasi Silo 1

 

Navigasi Silo 1

Sample Navigasi Silo 1

 

Semuanya berjalan secara OTOMATIS TANPA CODING lagi & Setting yang ribet.

 

  1. Interlink Otomatis untuk memperkuat relevansi topic content. (SILO Link)

Untuk halaman single (Content) internal link otomatis muncul sehingga tidak perlu lagi memasukan internal link secara manual. Fungsinya bisa mengalirkan power dari satu halaman kehalaman yang lainnya yang relevan. Selain itu internal link terjadi didalam konten bukan di sidebar, footer ataupun link setelah konten.

 

INTERNAL LINK HALAMAN POST

internal link Silo

internal link Silo

 

INTERNAL LINK HALAMAN PAGE

internal link Silo halaman page

internal link Silo halaman page

 

Konsep seperti ini juga pernah saya bahas bagaimana mengoptimalkan struktur sebuah halaman “Based On Wikipedia Structure” : Optimasi Onpage Based On Wikipedia Structure

 

4 POST FORMAT CONTENT

POST FORMAT IMAGE

Content Post Format Image

 

POST FORMAT GALERY

Content Post Format Galery

 

POST FORMAT AUDIO

Content Post Format Audio

 

POST FORMAT VIDEO

Content Post Format Video

 

VALID HTML STRUCTURE (W3.org)

Bagian yang saya perhatikan selanjutnya adalah Validasi dari structure HTML Theme. Karena ini konsepnya “SEO Optimize” maka Valid-nya HTML wajib jadi perhatian. Tidak perlu bicara SEO dulu kalau Struktur HTML nya saja masih banyak yang error. Halaman yang secara Live Web Page baik-baik saja belum tentu struktur HTML-nya tidak ada error. Hal ini sepele memang tapi jangan salah, ternyata masih banyak theme yang tidak memperhatikan masalah ini (termasuk themes yang saya gunakan untuk saungseo ini). silakan check theme kalian disini : https://validator.w3.org/nu/

Cek setiap halaman, mulai dari Homepage, Content post, Page, dll. Apakah themes yang kalian gunakan sudah Valid HTML nya ?

 

W3 HTML VALIDATOR – HALAMAN HOMEPAGE

W3 Validator - Homepage

W3 HTML VALIDATOR – HALAMAN BLOG

W3 Validator - blog

 

W3 HTML VALIDATOR – HALAMAN SILO LANDING PAGE

W3 Validator - Silo Landing Page

 

W3 HTML VALIDATOR – HALAMAN CONTENT (POST)

W3 Validator - Article Page

 

PREVIEW THEME OPTION & PENGATURAN MANTA THEME

 

PAGE SPEED LOAD

GTMETRIX SCORE

GTMetrix Score

 

GOOGLE PAGESPEED INSIGHT

Google PageSpeed Insight

Theme ini masih terbilang beta version karena saya akan menambahkan beberapa fitur yang mungkin sangat bermanfaat untuk user nantinya. namun dibandingkan saya berfikir fitur apa saya yang perlu di tambah, saya lebih memilih masukan dari kalian untuk memberi ide untuk memperbaiki fitur dari Manta Theme ini.

DEMO : http://manta.saungseo.com

untuk yang tertarik bisa order theme ini.

Harga Promo : IDR 150K ($12)

 

Silakan Email atau WA saya di :

: m.hadafi89@gmail.com

 : 0857-64325575

: http://web.facebook.com/daffy.shaci

5 Comments

    • Muhammad Khadafi

Leave a Reply