Cara Riset Keyword Efektif & Cepat (Advance Tips)

Kursus Seo Advance

Cara melakukan riset keyword sudah sering saya jelaskan diblog ini, namun karena penerapan dan tekniknya sangat beragam maka tidak ada salahnya saya post lagi salah satu teknik riset kata kunci yang saya gunakan untuk mendapatkan keyword/kata kunci yang memang benar-benar berpotensial untuk web kita nantinya. untuk Kalian yang belum mengenal riset keyword bisa membaca beberapa artikel saya diblog ini :

Beberapa ada yang menanyakan kepada saya tentang service atau jasa yang saya tawarkan baik di blog ini atau pun di forum ads.id, bagaimana cara melakukan riset keyword sesuai dengan service tersebut. Kalian bisa liat service tersebut disini : Jasa Riset Keyword

Tidak ada yg spesial dari cara Saya melakukan riset kata kunci (khususnya di service yang Saya tawarkan). semuanya menggunakan tools. lalu kenapa masih banyak yg menggunakan jasa riset keyword seperti ini ? alasan paling mendasar adalah untuk menghemat waktu, jadi tugas kalian tinggal onpage seo dan offpage seo aja.

Step By Step Riset Keyword

Ada 2 Proses dalam melakukan research Keyword :

1. Scraping Keyword

Pada proses ini Saya akan mencari keyword yang related dengan niche yang diinginkan (misal : niche “living room”). untuk melakukan scrape ada banyak tools yang bisa digunakan, mulai dari cara manual menggunakan Google Keyword Planner, Ubersuggest, dan tools2 seperti MNF, Long Tail Pro, Market samurai, dan yang paling Saya suka dan Saya pake ada SEMRush.

dalam proses ini akan didapat kw yang relevan dengan niche yang kalian inginkan (misal : living room), Hasilnya bisa seperti ini :

  • elegant living room sets
  • living room furniture sets under 500
  • purple living room ideas
  • table lamps for living room
  • wallpaper for living room
  • paint ideas for living room

 

semua hasil Scrape Keyword dikumpulkan untuk kemudian akan dilanjutkan ke proses selanjutnya yaitu Analisa Keyword.

2. Analisa Keyword

Tahap selanjutnya, semua kata kunci yang didapat dalam proses/tahap scraping akan dianalisa lebih lanjut untuk melihat apakah keyword tersebut profitable atau tidak. ada 2 parameter yang akan didapatkan dalam Analisa Keyword :

Keyword Competitor

Semua faktor berdasarkan index user yang menggunakan. beberapa parameter yang sering dilihat dalam keyword competitor adalah : Allintitle, Allinurl, Allinanchor, relevant page. Saya pribadi menggunakan SOC (MNF) untuk melihat secara keseluruhan semua faktor Keyword Competitor. SOC di hitung berdasarkan kalkulasi antara Allintitle, allinurl, dan Allinanchor.

Web Page Competitor

Bagian kedua adalah menganalisa TOP 10 website yang menempati halaman pertama. karena inilah kompetisi kalian yang sebenarnya, Parameter yang sering dilihat dari web page kompetitor adalah PR, DA, PA, Backlink, Link Juice, Domain Aged, TF, Social Factor. Untuk mempermudah melihat web kompetitor ini, Saya lebih suka menggunakan matric KC dalam Long Tail Pro. matric KC di dapat bedasarkan kalkulasi nilai PA, Link Juice, Domain Aged dan Keterkaitannya dengan Title website yang berada di halaman pertama google.

Thats It.. Hanya seperti itu cara simple Saya melakukan Riset Keyword.

Apakah semua parameter/matrik dari setiap software bisa dipercaya Mas ?? jawabnya Tentu saja TIDAK.
But,, kalian ga perlu mikir apakah matrik tersebut valid atau tidak, bagaimana cara software tersebut menentukan LOW atau HIGH sebuah Keyword. matrik tersebut hanyalah indikator untuk Saya menentukan sebuah keyword Low atau High kompetisi berdasarkan POLAnya masing-masing. contohnya :

keyword dengan Allintitle < 1000 , atau SOC < 30 atau KC < 30 biasanya selalu tergolong Low kompetisi. tidak selamanya Low kompetisi, tetapi selama Saya menganalisa keyword sejak 2010 sampai saat ini, sudah ada ribuan KW yg Saya lihat dan analisa, akan selalu menunjukan 80%-90% keyword tersebut low kompetisi.

Cara diatas adalah dasar dari cara Saya melakukan riset keyword sederhana berdasarkan tools. tapi kali ini Saya mau bahas tentang OLD Method Dalam melakukan Riset Kata kunci khususnya untuk Build Web Baru. Karena lumayan banyak Pertanyaan yang sering sekali ditanyakan ke saya adalah “gan Niche apa yang paling profitable”, “gan Saya mau build blog baru, enaknya maen di niche apa ?”

Saya coba beri gambaran bagaimana memulai atau menentukan niche apa yang bagus untuk diambil.

Cara Riset Keyword Jadul Yang Powerfull

1. Spying Method

Disini Saya melakukan spying Web Site yang memang sudah terbukti profit. cara paling gampang adalah menggunakan Flippa[dot]com untuk melihat website yang memiliki profit baik dan terjual lumayan mahal.
Silakan masuk ke flippa > Established sites > Just Sold

Cara Research Keyword - 1

Saya ambil contoh web ini :

cara research keyword - 2

2. Analisa Domain

Selanjutnya Saya analisa dulu domain tersebut. mengapa langsung dianalisa ? biar lebih efisien waktu saja sebelum masuk ke proses selanjutnya. domain yang terjual tersebut tentunya sudah memiliki traffic dengan beberapa keyword yang di ranking di halaman pertama. dengan kata lain web tersebut sudah pasti jadi Kompetitor Saya nantinya. untuk itu Saya analisa dulu seberapa kuat domain tersebut. Tool yang Saya pake Majastic SEO (kalian bisa gunakan tools lain seperti ahrefs, cognitive seo, moz, dll) tapi Saya udah lebih suka pake majestic karena ada matric favorit Saya “Topical Trustflow“…

berikut summary domain tersebut :

cara research keyword - 3

Domain memiliki TrustFlow 13 dengan Topical TrustFlow “Computer”. TR = 0,37 menunjukan bahwa kebanyakan backlink yg masuk ke website tersebut berasal dari Non Authority berdasarkan TF nya.

Cara Research Keyword - 4

Namun jangan dipandang sebelah mata dulu, web tersebut memiliki beberapa BL dengan reffering domain yg 1 topical TF (Computer), seperti ini :

Cara Research Keyword - 5

Memiliki backlink dari domain yang sama atau 1 topical TF merupakan point penting yang Saya perhatikan. Selanjutnya Saya lihat backlink profile dari web tersebut. untuk mempermudah, Saya coba download backlink-nya dan menganalisanya di file Excel untuk mempermudah (Saya hanya analisa domain yang memiliki topic yang sama) :

cara research keyword - 6

Terakhir Saya cek Social Page Popularity. bagian ini bukan untuk melihat faktor social signal sebagai search engine factor karena lagi-lagi saya harus bilang belum ada korelasi pasti antara social sinal dan SERP. Saya hanya melihat apakah web ini memiliki sumber traffic dari media social dan bagaimana popularity-nya. hasilnya bisa dilihat seperti ini :

cara research keyword - 7

Dilihat dari beberapa parameter diatas, Saya asumsikan, Saya bisa bersaing dengan web tersebut, dengan cara yang paling gampang nantinya adalah mencari aged domain dengan Backlink Profile minimal sama atau lebih baik (TF < 20 , TR < 0,5 dengan topical TF yg relevant lebih mudah menemukannya).

3. Scraping keyword kompetitor

selanjutnya Saya scraping keyword web tersebut. Saya menggunakan SEMRush karena semua data yg Saya butuhkan bisa dilihat menggunakan SEMRush. beberapa parameter yang Saya lihat : Keyword, Position SE, Search Volume, CPC , URL, dan %Traffic. setelah Saya download kemudian Saya analisa lagi menggunakan parameter SOC dan KC seperti teknik diatas. hasilnya +/- seperti ini :

Cara research keyword - 8

Data tersebut Saya grouping berdasarkan keyword yg masuk disetiap URL-nya. untuk mempermudah Saya kasih warna setiap group URL-nya.

dilihat dari data diatas masih banyak KW yang tergolong Low Kompetisi. bahkan beberapa kw yg dirank di halaman pertama tidak memiliki Backlink Sama sekali berdasarkan data majestic.

cara research keyword - 9

tapi perlu di perhatikan bahwa kalau dilihat lagi, setiap url/post telah memiliki TF dari Topical trust flow yg Relevant dari RootDomain. dan ini artinya bukan berarti Saya bisa mengalahkannya dengan mudah walaupun url/halaman tersebut tidak memiliki backlink sama sekali.

Biar lebih gampang di mengerti Saya kasih video tutorial-nya :

Video Tutorial

Thats It… selanjutnya seperti yang Saya bilang tadi. Tahap pertama Saya akan cari Aged Domain dengan TF dan Topical Trust Flow yang sama dengan web tersebut. dengan data diatas Saya bisa dengan gampang nantinya melihat domain mana yang berpotensi mengalahkan web tersebut.

wait…wait..wait… bagaimana soal PR ?? aged domainnya tidak harus ber-PR ???
WHO CARE ABOUT PAGERANK !!!! Parameter ini udah lama Saya tinggalkan semenjak google tidak mempublikasi lagi PR nya… cukup analisa BL profilenya udah keliatan power dari domainnya kok. πŸ™‚

Baca Juga :

29 Comments

Leave a Reply