Penerapan Dasar Cara Research Keyword Yang Benar

Kursus Seo Advance

Pada postingan kali ini saya akan membahas salah satu faktor seo yang harus Anda perhatikan, yaitu research keyword. Sebelumnya saya sudah posting artikel tentang Research Niche, jika Anda belum membacanya silakan baca dulu disini.

Untuk Anda yang tau SEO mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut, Namun apakah Anda sudah memahami fungsi yang sebenarnya ?

Saya pernah memdengar seseorang mengatakan bahwa “Research Keyword bukanlah ilmu SEO”

Alasannya sederhana : “Dengan Seo maka kita bisa meranking semua kata kunci apapun yang kita ingin targetkan”

Untuk alasan itulah kita lebih sering mendengar dialam Seo hanya ada 2 Faktor :

1. Onpage SEO

2. Offpage SEO

Untuk Cara research Keyword yang lebih advance baca disini : Cara Research Keyword Advance

Namun Apa benar demikian ?

Disini saya akan berikan beberapa Q&A sederhana untuk Anda :

Untuk apa kita belajar SEO ?

Secara sederhana SEO bermaksud untuk membuat situs kita menempati minimal halaman pertama search engine yang tujuannya agar situs kita mendapatkan banyak trafik/pengunjung yang dihasilkan oleh search engine kedalam situs kita tersebut. Jadi disini sudah jelas bahwa tujuan utama dari belajar SEO adalah bukan hanya membuat situs kita menempati halaman pertama search engine melainkan mendapatkan banyak trafik dari search engine

“Bukannya kalau sudah menempati halaman pertama sudah pasti banyak trafik ?”

Memang benar dengan SEO dapat membuat situs kita masuk kehalaman pertama search engine, tapi yang perlu Anda garis bawahi disini adalah tidak semua situs yang menempati posisi pertama google mendapatkan banyak trafik. Jadi sudah jelas, menempati halaman pertama search engine tidak menjamin situs kita akan banyak pengunjung yang dihasilkan oleh search engine.

“Kenapa bisa seperti itu, bisa Anda jelaskan ?”

Secara simple-nya seperti ini, untuk mendapatkan banyak pengunjung dari search engine maka kita harus tau dulu apa saja yang paling sering dicari orang menggunakan search engine.

dengan banyaknya pencarian untuk kata tersebut dan situs yang muncul dihalaman pertama adalah situs kita, maka search engine akan mendatangkan banyak pengunjung kedalam situs kita.

Sebaliknya jika jumlah pencarian untuk kata-kata tersebut sedikit, walaupun situs Anda menempati posisi pertama google, pengunjung yang dihasilkan search engine tidak akan maksimal.

Untuk itu ditahapan awal yang harus Anda lakukan sebelum Anda membuat judul artikel Anda adalah meriset kata kunci apa yang ingin Anda targetkan untuk postingan Anda tersebut.

mengapa harus post, apakah setiap ingin membuat artikel yang akan kita posting harus riset keyword dulu ?

Nah ini yang selalu saya tekankan untuk temen-temen yang mau belajar seo. sebaiknya sebelum membuat artikel Anda harus mengetahui dulu Keyword Apa yang ingin Anda targetkan. mengapa ?

Karena nantinya Anda akan merangking setiap postingan Anda di google. bayangin setiap postingan yang Anda buat menempati halaman pertama google dengan keyword yang sudah diriset. berapa banyak traafic yang mau Anda targetkan tergantung dari berapa banyak artikel yang Anda buat.  🙂

oke gitu aja,, mudah-mudahan sudah paham ya mengapa harus research keyword dulu. Sekarang kita langsung praktek bagaimana Research Keyword yang baik berdasarkan pengalaman saya.

untuk lebih jelas silakan tonton video tutorial research keyword berikut :

Download Video : Link download

Download PDF : Link download

Untuk me-riset sebuah kata kunci saya menggunakan google keyword tools external. (saat ini telah menjadi google keyword planner, namun untuk penerapannya sama saja)

cara research keyword

 

  • Jika Anda mempunya Akun google, silakan sign-in terlebih dahulu. kemudian selanjutnya saya akan menentukan niche yang akan saya targetkan. Untuk menentukan niche, anda bisa memulainya dari sesuatu yang anda ketahui atau apa yang menjadi hobby Anda terlebih dahulu. Disini saya akan memilih niche “membuat blog”. Karena menurut saya untuk “blog” sendiri adalah sesuatu yang bersifat Online, artinya setiap orang yang akan mencari sesuatu tentang “blog atau membuat blog” kemungkinan besar mereka akan mencarinya di search engine.

cara research keyword

  • Kemudian saya klik bagian “advance option & Filter”. Lalu saya pilih untuk Locations > Indonesia dan Language > Indonesia ( karena yang saya bidik market local )

cara research keyword

  • Pada bagian “filter” saya setting Global Monthly Searches > 500 (karena saya mau trafik yang lumayan banyak dari search engine). Kemudian saya klik “search”

cara research keyword

  • Selanjutnya Google akan memberikan saya ide-ide (Keyword Ideas) untuk saya pilih sebagai keyword blog saya nantinya.

cara research keyword

  • Langkah selanjutnya, saya akan pilih 10 – 15 kata kunci yang diberikan google tersebut, dengan cara saya check/centang untuk kata kunci yang saya akan pilih.

cara research keyword

  • Setelah saya memilih 10 buah kata kunci yang diberikan google, saya download terlebih dahulu kata kunci yang saya pilih/centang tadi. Kemudian saya simpan dalam CSV file. Setelah file didownload lalu file tersebut saya buka dan saya copy kata kunci yang saya download tadi.

cara research keyword

  • Selanjutnya setelah saya copy, kata kunci tersebut saya paste kembali kedalam kotak “word or phrase” untuk saya riset lagi kata kunci tersebut.

cara research keyword

  • Saya pilih Match Types pencarian menjadi tipe [Exact].

cara research keyword

  • Selanjutnya akan ada perubahan pada kotak “search term”. Pada bagian ini saya akan filter lagi keyword-keyword tersebut sehingga saya mendapatkan keyword yang memiliki potensi trafik yang tinggi dan kompetisi yang masih bisa untuk saya bersaing dengan cepat menggunakan teknik SEO saya nanti.

cara research keyword

  • Disini saya mempunyai batasan-batasan didalam menentukan atau memilih sebuah keyword, Anda juga bisa gunakan cara ini.

cara research keyword

  • Jadi keyword yang saya pilih tadi akan saya filter lagi berdasarkan keyword funneling rules diatas. Cara nya saya buka terlebih dahulu google.co.id (karena saya bidik market local). Kemudian saya paste keyword yang akan saya analisa. Disini saya pilih “panduan membuat blog”

cara research keyword

  • Dari hasil pencarian untuk tipe “broad” menunjukan nilai 3.350.000. nilai ini masih masuk untuk peraturan pertama saya yaitu broad keyphrase < 5.000.000.

cara research keyword

  • Saya lanjut lagi untuk peraturan kedua yaitu Exact Keyphrase < 1.000.000, dan pencarian Exact untuk kata kunci “panduan membuat blog” menunjukan nilai 220.000, dan syarat ini juga memenuhi dari peraturan tersebut.

cara research keyword

  • Selanjutnya saya lakukan filter lagi untuk keyword intitle, karena saya ingin tau berapa banyak yang menggunakan keyword tersebut di title page atau title blog nya. Sesuai peraturan diatas keyword intitle saya batasi harus < 50.000. dan hasil pencarian menunjukan nilai 11.700, jadi syarat ini juga memenuhi (< 50.000).

cara research keyword

  • Saya juga ingin tau berapa banyak yang menggunakan keyword tersebut pada domain ataupun Url nya. Dan hasil pencarian saya menunjukan nilai 7.630 untuk keyword inurl, hasil ini juga memenuhi syarat yaitu < 25.000.

cara research keyword

  • Dan yang terakhir saya juga akan mencari tau berapa banyak yang menggunakan keyword “panduan membuat blog” pada title dan url nya,, dan hasil pencarian menunjukan nilai 5.980, hasil ini memenuhi persyaratan saya diatas yaitu < 10.000.

cara research keyword

  • Setelah melakukan beberapa filtering diatas maka untuk keyword ”panduan membuat blog” telah sesuai dengan kriteria keyword yang saya inginkan, yaitu memiliki potensi trafik yang tinggi dan kompetisi yang bisa untuk saya bersaing disana.

 

  • Setelah saya mendapatkan keyword yang sesuai dengan kriteria saya diatas, maka saya akan melakukan Analisa kompetitor halaman pertama dan halaman kedua google tersebut. Disini saya ingin melihat siapa saja kompetitor saya. Dari hasil tersebut bisa dilihat kalau di halaman pertama tersebut yang mendominasi kebanyakan sebuah “blog” dan ini kabar baik untuk saya, karena jika terlalu banyak “authority site” dihalaman pertama, maka saya akan kesulitan untuk menggeser posisi mereka apalagi blog saya tersebut masih sangat baru.

cara research keyword

  • Untuk lebih spesifiknya lagi, maka saya akan menganalisa “Backlink” dan “PageRank” untuk 10 situs yang terdapat dihalaman pertama tersebut. Saya menggunakan tools gratis dari serpattacks.com, Anda juga bisa download gratis disana kemudian install didekstop Anda.

cara research keyword

 

  • Pada kotak paling atas, saya masukan keyword saya “panduan membuat blog” pada bagian Search engine saya pilih “google” untuk Result saya pilih “10” dan Country saya pilih “Indonesia”. Lalu saya klik search.

cara research keyword

 

  • Tools ini akan menunjukan jumlah backlink dan pagerank untuk 10 situs yang menempati halaman pertama google tersebut. disini saya melakukan filter untuk PageRank usahakan rata-rata < 2 dan untuk backlink usahakan terdapat 3 blog yang memiliki backlink < dari 50 untuk backlink oN-url (bukan domain).

cara research keyword

 

  • Bisa dilihat pada data diatas bahwa, rata-rata pagerank 10 situs yang menempati Halaman pertama google adalah 1,6 . Dan ada 6 situs yang memiliki backlink < 50 untuk backlink OnURL’s ( bukan OnDomain ) karena yang saya perhatikan adalah nilai backlink OnURL’s bukan OnDomain jadi untuk situs yang memiliki backlink tinggi tapi bersifat Ondomain tidak akan saya perhatikan.

Kenapa tidak terlalu saya perhatikan, karena kebanyakan blog homepage nya bersifat dinamis, sehingga untuk Onpage SEO nya tidak maksimal. Untuk itu yang saya lihat adalah halaman page dulu.

selanjutnya Saya akan bahas pemahaman lebih lanjut mengenai research keyword ini, dikarenakan tahapan ini merupakan bagian yang sangat penting maka Anda harus memahaminya agar teknik SEO Anda jauh lebih mudah.

Baca Juga :

2 Comments

Leave a Reply