Cara Mencari Expired Domain Berkualitas Untuk PBN

Ada banyak cara mencari expired domain untuk dijadikan PBN ataupun moneysite. seperti yang saya sudah tulis di artikel sebelumnya : Panduan Lengkap Cara Membuat Private Blog Network (PBN). Disana saya ada beberapa alternatif yang bisa kalian gunakan untuk mencari domain expired yang berkualitas. Namun artikel kali ini saya akan berikan tips lain bagaimana menemukan Domian jenis Drop Domain/Delete domain.

Untuk tips kali ini kita akan memanfaatkan backlink profile dari aged domain yang memiliki matrik yang tinggi sebagai sumber atau source dari seed list yang nanti akan kita scrape menggunakan scrapebox. untuk tutorial ini saya menggunakan scrapebox, kalian bisa menggunakan tools scraping domain lainnya.

 

Cari List Aged Domain Yang Memiliki Matrik Tinggi

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari list aged domain (domain yang sudah berumur) yang memiliki matrik tinggi untuk kita scrape backlink profile-nya. Matrik disini saya menggunakan parameter TF dan CF milik majestic. Kalian bisa dengan mudah menemukan list dari aged domain ini di ExpiredDomains.net. Karena situs ini yang menurut saya list nya lengkap dan ada fitur filtering TF dan CF dan yang terpenting gratis.

  • Silakan login terlebih dahulu, atau kalau kalian belum mempnyai akun silakan daftar gratis. Kemudian pilih bagian marketplace, selanjutnya kalian bisa pilih tab manapun, disini saya contohkan tab GD expired, kalian bisa pilih tab GD BuyNow, GD Make Offer, Pending delete, dll.

Cara mencari expired domain di expireddomains.net

  • Selanjutnya pada bagian filter, silakan filter matrik TF dan CF. Setting minimal CF 20 dan TF 25. Kalian bisa filter lebih besar dari itu namun nanti hasilnya lebih sedikit.

Filtering TF dan CF

 

  • Dari hasil yang muncul, klik save as textfile.

Save List Aged Domain

domain-domain tersebut nantinya akan kita gunakan untuk kita scrape backlink profilenya.

Membuat seed list backlink untuk di scrape

Dari domain yang sudah di save sebelumnya kita cek backlink profilenya, disini saya menggunakan majestic untuk melihat matrik dari backlink yang dimiliki masing-masing domain tadi. Saya ambil salah satu domain yang tadi kita save :

Contoh Backlink Profile dari aged domain

 

  • Pilih tab Backlink untuk melihat semua backlink yang dimiliki domain tersebut.
  • selanjutnya pada bagian “backlink per domain” pilih “all
  • Kemudian klik export

Download semua backlink aged domain

  • Setelah kalian download, lalu buka file CSV tersebut untuk di sortir lagi seed list yang akan kita scrape nanti.

Hasil Download Backlink profile aged domain

Hapus semua kolom, sisakan hanya kolom “Source URL”, “Source TF”, “source CF”. Lalu hapus semua link dengan TF < 20.

Filtering hasil backlink profile aged domain

Lakukan lagi untuk semua domain yang kita save dari expireddomains.net sebelumnya sampai minimal kalian mengumpulkan 200 URL Seed List dengan TF > 20 yang nanti akan kita scrape.

Seed List backlink high TF

 

Cara Mencari Domain Expired Menggunakan Addons Premium Scrapebox

Setelah kalian mengumpulkan minimal 200 url, selanjutnya kita bisa scrape menggunakan scrapebox untuk mencari domain expired yang berkualitas. Untuk kalian yang sudah mempunyai scrapebox  dan add ons premium Expired Domain Finder, maka kalian tinggal masukan 200 tersebut ke dalam tools tersebut dan biarkan scrapebox bekerja dengan sendirinya.

  • Buka add ons Expired Domain Finder.
  • Klik URL/Domain Loaded, Kemudian paste semua url disana.

Setting Add ons Expred Domain Finder Scrapebox

 

  • Selanjutnya setting crawl deep menjadi 2.

Setting Crawl deep Expired Domain Finder

klik start dan biarkan software berjalan dengan sendirinya.

 

Bagaimana kalau kalain tidak memiliki add ons premium Expired Domain Finder ini. Tidak perlu khawatir, menggunakan add ons free dari scrapebox pun bisa kok.

Cara Mencari Expired Domain Menggunakan Addons Free Scrapebox

Untuk kalian yang sudah menjadi salah satu member premium saungseo, cara ini sama seperti kalian scrape expired domain dari mashable, techcrunch atau domain authority lainnya sama seperti materi yang saya berikan. Kita akan menggunakan salah satu add ons saja yaitu “Link Extractor”

  • Paste List URL kedalam box Url Harvested.

Load url kedalam url harvested

  • Kemudian buka add ons “Link Extractor” lalu load url from “scrapebox url harvester”. Pilih hanya “external Link”.

Jalankan add ons link extractor

  • selanjutnya klik start dan tunggu hingga selesai prosesnya.
  • Setelah selesai. copy semua link hasil extractor tadi ke scrapebox url’s harvested.

Paste ke harvested url

  • klik Trim To Root

trim to root

  • Selanjutnya remove duplicate domain.

Remove duplicate domain

 

Dari hasil tersebut tidak semua domain bisa di register, misalnya ada domain edu, gov, subdomain, invalid TLD, dll. untuk itu kita harus bersihkan dulu domainnya menggunakan Tools Online “. Silakan masuk ke website : http://www.ohashi.us/domaincleaner/.

kemudian paste semua hasil link extractor yang sudah di trim dan remove duplicate di kotak yang disediakan dan klik clean us up!.

Ohashi domain cleaner

Tunggu beberapa saat sampai proses selesai, kemudian scroll ke paling bawah dan save hasil cleaner nya.

Save clean domain

Oke, sekarang kalian sudah punya list domain, masih ada 1 proses lagi yaitu kalian harus cek apakah domain-domain tersebut tersedia untuk di registrasi.

Cara paling gampang adalan bulk checking menggunakan software dan nanti lebih gampang di organisir. Tools yang digunakan Domain Name Analyzer V 6. Silakan download langsung ke websitenya : https://domainpunch.com/dna/

Download Software

Setelah install, silakan jalankan softwarenya dan klik new project.

Add new Project

Selanjutnya, klik add domain dan paste semua domain yang kalian clean up sebelumnya disana.

add domain

Terakhir klik Check All, dan tunggu sampai hasilnya selesai.

Check all

Setelah proses selesai, pada tab sebelah kiri pilih “Unregistered Domain”. kalian akan lihat list domain yang available untuk di registrasi.

Available Domain to Registered

 

Save semua domain yang tersedia untuk di registrasi, namun jangan langsung di registrasi ya. Kenapa ?

Karena domain tersebut belum masuk kriteria apakah domain tersebut powerfull dan clean untuk dijadikan PBN atau Website Utama. Kalian harus cek terlebih dahulu “backlink profile dan History Profile” dari domain tersebut. Untuk cek 2 hal ini silakan baca artikel saya : Cara Mengetahui Backlink Profile Berkualitas

 

Warming UP.

Seperti yang sayakatakan sebelumnya, untuk menemukan domain expired ada banyak alternatifnya, kalian tidak harus terpaku pada 1 cara. Kebanyakan orang hanya fokus mencari hanya pada database sebuah website seperti expireddomains.net, domcop, moonsy, dll, padahal kalian bisa memanfaatkannya ketimbang hanya melihat list-list domain disana yang notaban nya hampir semua spam belum lagi kalian harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang lainnya yang mencari domain expired disana.

Coba temukan cara unik kalian dalam mencari domain expired ini, manfaatkan tools yang gratis atau paling tidak yang tidak terlalu mahal seperti scrapebox. Cobalah bereksperimen dan gali harta karun domain kalian.

Silakan share ke teman kalian jika bermanfaat.

 

Leave a Reply